a.
Plagiat Dalam Internet
Plagiarisme atau sering disebut plagiat
adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari
orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat di
Internet. Terlalu banyak aktiviti plagiat yang boleh dilakukan menerusi
Internet. Antara aktiviti plagiat ini kebiasaanya melibatkan teks, perisian
komputer, animasi – tidak kira dalam bentuk video, audio, grafik dan
sebagainya. Terdapat juga aktiviti plagiat di mana teks daripada artikel, buku,
blog, wikipedia dan jurnal ditiru. Beribu-ribu hasil carian seperti artikel,
data dan gambar boleh didapati dengan hanya menaip kata kunci dan melakukan
satu carian yang mudah. Hasil carian diperoleh dalam masa beberapa saat sahaja.
Hasil carian kemudiannya boleh di salin tampal (copy-paste), di muat turun ke
dalam komputer sendiri malahan ada yang sanggup bertindak lebih jauh lagi –
dengan membayar bagi mendapatkan salinan karya tersebut.
Contoh kasus plagiat :
Kasus plagiat juga diberitakan
terjadi di salah satu universitas terbesar di Makassar di mana sejumlah dosen
yang mengusulkan jabatan Guru Besar, karya ilmiah dalam bentuk jurnal
Internasional dari luar negeri tapi setelah dilakukan pengecekan dan verifikasi
tempat di mana jurnal itu terbit, dikabrkan ternyata ada indikasi bahwa lokasi
penerbitan jurnal itu fiktif. Akibatnya Dijtjen Dikti Kemntrian Pendidikan dan
Kebudayaan memberikan sangsi administratif Kolektif berupa tindakan semacam
kebijakan moratorium penundaan/penghentian sementara usulan guru besar dari
univerisitas yang bersangkutan. Beberapa tahun lalu ketika kebijakan terkahir
Kementrian Pendidikan yang masih memberikan kesempatan terkahir untuk tenaga
akademisi yang masih bergelar S2 untuk mengusul ke pangkat Guru Besar, puluhan
dosen pengusul Guru besar terindikasi memiliki karya ilmiah yang merupakan
hasil plagiat. Kasus plagiat yang banyak terjadi berupa Jurnal Fiktif (Jurnal
Bodong) yang mana setelah di cek kantor penerbit jurnal tersebut di luar negri
Fiktif. Ada juga kasus scan karya ilmiah orang lain dan diganti dengan nama dan
identitas si plagiator aligator..hehehehehe..di tingkat sekolah menengah
sejumlah guru yang mengajukan persyaratan untuk sertifikasi guru terindikasi
memiliki karya Ilmiah hasil plagiat.
b.
Pornografi Dalam Internet
Pornografi internet adalah
pornografi yang mampu diakses melalui internet, umumnya via website atau file
sharing. Pornografi telah tersedia di internet sejak tahun 1980an, dan
ketersediaan akses World Wide Web kepada publik pada tahun 1991 menyebabkan perkembangan
pornografi internet.
Internet memudahkan seseorang untuk
mengakses pornografi secara anonim maupun terdaftar dan dapat dilihat kapan
saja pada waktu dan tempat yang diinginkan pengguna. Pornografi internet juga
menyediakan akses terbatas pada kelompok tertentu dengan alasan hukum dan
sosial, misal pelarangan akses pornografi oleh anak di bawah umur.
Contoh pornografi :
Di kalangan pemirsa pornografi
Internet di Eropa, orang-orang yang berusia di atas 50 tahun menghabiskan
paling banyak waktu berselancar ke situs Web orang dewasa.
c.
Online Game
Sebuah game online adalah permainan
video yang baik sebagian atau terutama diputar melalui internet atau jaringan
komputer lain. Game online di mana-mana pada platform gaming modern, termasuk
PC, konsol dan perangkat mobile, dan rentang banyak genre, termasuk penembak
orang pertama, game strategi dan permainan massively multiplayer online
role-playing (MMORPG).sesi game online yang di-host oleh
server game, yang dapat menjadi komputer khusus yang dikelola oleh perusahaan
game atau organisasi gamer, atau komputer dari salah satu pemain. Desain game
online dapat berkisar dari lingkungan berbasis teks sederhana untuk
penggabungan grafis kompleks dan dunia maya. Keunggulan komponen online dalam
game dapat berkisar dari menjadi fitur kecil, seperti leaderboard online, untuk
menjadi bagian dari gameplay inti, seperti langsung bermain melawan pemain
lain. Banyak game online, terutama MMORPG, membuat komunitas online mereka
sendiri, sementara permainan lainnya, terutama game sosial, mengintegrasikan
ada komunitas kehidupan nyata pemain.
Contoh game online :
Point Blank adalah sebuah permainan
komputer ber-genre FPS yang dimainkan secara online. Permainan ini dikembangkan
oleh Zepetto dari Korea Selatan dan dipublikasikan oleh Zepetto. Selain di
Korea Selatan, permainan ini mempunyai server sendiri di beberapa negara
seperti Thailand, Rusia, Indonesia, Brasil, Turki, Amerika Serikat, dan Peru.
Di Indonesia, permainan ini dikelola oleh Garena. Point Blank berkisah tentang
perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter
Terrorist Force (CT-Force).
Sumber :
http://ppikid.ub.ac.id/wp-content/uploads/2014/10/Plagiarisme-Akademik-2014.pdf
(diaskes pada hari selasa, 27 desember 2016, pukul 20.00)
http://nebychonita.blogspot.co.id/2016/10/psi-dan-teknologi-internet-plagiat.html?m=1
(diaskes pada hari selasa, 27 desember 2016, pukul 20.15)
https://id.wikipedia.org/wiki/Pornografi_internet
(diaskes pada hari selasa, 27 desember, pukul 20.20)
http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/102003522
(diaskes pada hari selasa, 27 desember, pukul 20.20)
https://en.wikipedia.org/wiki/Online_game
(diaskes pada hari selasa, 27 desember, pukul 20.30)
https://id.wikipedia.org/wiki/Point_Blank_Online
(diaskes pada hari selasa, 27 desember, pukul 20.30)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar