Selasa, 27 Desember 2016

fenomena-fenomena yang berkaitan dengan psikologi internet



a.       Plagiat Dalam Internet
Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat di Internet. Terlalu banyak aktiviti plagiat yang boleh dilakukan menerusi Internet. Antara aktiviti plagiat ini kebiasaanya melibatkan teks, perisian komputer, animasi – tidak kira dalam bentuk video, audio, grafik dan sebagainya. Terdapat juga aktiviti plagiat di mana teks daripada artikel, buku, blog, wikipedia dan jurnal ditiru. Beribu-ribu hasil carian seperti artikel, data dan gambar boleh didapati dengan hanya menaip kata kunci dan melakukan satu carian yang mudah. Hasil carian diperoleh dalam masa beberapa saat sahaja. Hasil carian kemudiannya boleh di salin tampal (copy-paste), di muat turun ke dalam komputer sendiri malahan ada yang sanggup bertindak lebih jauh lagi – dengan membayar bagi mendapatkan salinan karya tersebut.
Contoh kasus plagiat :
Kasus plagiat juga diberitakan terjadi di salah satu universitas terbesar di Makassar di mana sejumlah dosen yang mengusulkan jabatan Guru Besar, karya ilmiah dalam bentuk jurnal Internasional dari luar negeri tapi setelah dilakukan pengecekan dan verifikasi tempat di mana jurnal itu terbit, dikabrkan ternyata ada indikasi bahwa lokasi penerbitan jurnal itu fiktif. Akibatnya Dijtjen Dikti Kemntrian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan sangsi administratif Kolektif berupa tindakan semacam kebijakan moratorium penundaan/penghentian sementara usulan guru besar dari univerisitas yang bersangkutan. Beberapa tahun lalu ketika kebijakan terkahir Kementrian Pendidikan yang masih memberikan kesempatan terkahir untuk tenaga akademisi yang masih bergelar S2 untuk mengusul ke pangkat Guru Besar, puluhan dosen pengusul Guru besar terindikasi memiliki karya ilmiah yang merupakan hasil plagiat. Kasus plagiat yang banyak terjadi berupa Jurnal Fiktif (Jurnal Bodong) yang mana setelah di cek kantor penerbit jurnal tersebut di luar negri Fiktif. Ada juga kasus scan karya ilmiah orang lain dan diganti dengan nama dan identitas si plagiator aligator..hehehehehe..di tingkat sekolah menengah sejumlah guru yang mengajukan persyaratan untuk sertifikasi guru terindikasi memiliki karya Ilmiah hasil plagiat. 
b.      Pornografi Dalam Internet
Pornografi internet adalah pornografi yang mampu diakses melalui internet, umumnya via website atau file sharing. Pornografi telah tersedia di internet sejak tahun 1980an, dan ketersediaan akses World Wide Web kepada publik pada tahun 1991 menyebabkan perkembangan pornografi internet.
Internet memudahkan seseorang untuk mengakses pornografi secara anonim maupun terdaftar dan dapat dilihat kapan saja pada waktu dan tempat yang diinginkan pengguna. Pornografi internet juga menyediakan akses terbatas pada kelompok tertentu dengan alasan hukum dan sosial, misal pelarangan akses pornografi oleh anak di bawah umur.
Contoh pornografi :
Di kalangan pemirsa pornografi Internet di Eropa, orang-orang yang berusia di atas 50 tahun menghabiskan paling banyak waktu berselancar ke situs Web orang dewasa.
c.       Online Game
Sebuah game online adalah permainan video yang baik sebagian atau terutama diputar melalui internet atau jaringan komputer lain. Game online di mana-mana pada platform gaming modern, termasuk PC, konsol dan perangkat mobile, dan rentang banyak genre, termasuk penembak orang pertama, game strategi dan permainan massively multiplayer online role-playing (MMORPG).sesi game online yang di-host oleh server game, yang dapat menjadi komputer khusus yang dikelola oleh perusahaan game atau organisasi gamer, atau komputer dari salah satu pemain. Desain game online dapat berkisar dari lingkungan berbasis teks sederhana untuk penggabungan grafis kompleks dan dunia maya. Keunggulan komponen online dalam game dapat berkisar dari menjadi fitur kecil, seperti leaderboard online, untuk menjadi bagian dari gameplay inti, seperti langsung bermain melawan pemain lain. Banyak game online, terutama MMORPG, membuat komunitas online mereka sendiri, sementara permainan lainnya, terutama game sosial, mengintegrasikan ada komunitas kehidupan nyata pemain.
Contoh game online :
Point Blank adalah sebuah permainan komputer ber-genre FPS yang dimainkan secara online. Permainan ini dikembangkan oleh Zepetto dari Korea Selatan dan dipublikasikan oleh Zepetto. Selain di Korea Selatan, permainan ini mempunyai server sendiri di beberapa negara seperti Thailand, Rusia, Indonesia, Brasil, Turki, Amerika Serikat, dan Peru. Di Indonesia, permainan ini dikelola oleh Garena. Point Blank berkisah tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force (CT-Force).

Sumber :
http://ppikid.ub.ac.id/wp-content/uploads/2014/10/Plagiarisme-Akademik-2014.pdf (diaskes pada hari selasa, 27 desember 2016, pukul 20.00)
http://nebychonita.blogspot.co.id/2016/10/psi-dan-teknologi-internet-plagiat.html?m=1 (diaskes pada hari selasa, 27 desember 2016, pukul 20.15)
https://id.wikipedia.org/wiki/Pornografi_internet (diaskes pada hari selasa, 27 desember, pukul 20.20)
http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/102003522 (diaskes pada hari selasa, 27 desember, pukul 20.20)
https://en.wikipedia.org/wiki/Online_game (diaskes pada hari selasa, 27 desember, pukul 20.30)
https://id.wikipedia.org/wiki/Point_Blank_Online (diaskes pada hari selasa, 27 desember, pukul 20.30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar